Tips Menghemat Batre Laptop & Notebook Agar Tidak Cepat Habis

Posted By Dewa Wijaya on Tuesday, June 21, 2016 | 11:00 AM

Baterai Laptop merupakan sebuah komponen yang bisa dibilang sangat penting, tanpanya laptop tidak akan berguna jika digunakan diluar, alias non-listrik. Namun, kadang kala ketika kita sedang membutuhkan daya yang lumayan lama, baterai laptop tersebut kadang tidak dapat memberikan performa yang optimal. Hal ini tentu akan membuat sebuah pekerjaan terganggu karena daya batre laptop yang mudah habis. Ditambah lagi apabila pekerjaan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan. Nah, sekarang saya ingin memberikan tips & trik agar baterai laptop yang sobat gunakan lebih tahan lama serta tidak mudah habis, terutama jika kita baru beli sebuah laptop.

Hentikan Pemakaian Jika Baterai dibawah 10% 
Jangan pernah biarkan laptop kamu mati dengan sendirinya dengan kondisi baterai yang dibawah 10%, karena akan memperlemah komponen power yang ada didalam baterai tersebut.

Jangan Main Laptop di Sofa atau Kasur 
Jangan coba menempatkan laptop ditempat yang hampa sirkulasi, seperti kasur dan sofa, karena akan memperhambat pembuangan angin kipas processor. Dan tentunya akan dapat merusak komponen laptop, termasuk baterai.  Sebaiknya menggunakan laptop di tempat yang datar supaya bisa memperlancar saluran udara pada laptop.

Lepaskan Baterai dari Laptop Jika laptop tidak digunakan dalam waktu lama
Jika laptop tidak digunakan dalam waktu lama, lebih baik untuk melepas baterai dari laptop, lalu simpan di tempat yang memiliki suhu yang sejuk.

Bantu dengan Power Management 
Pengguna Windows harus paham dalam pengoperasian fitur ini, dengan mengginakan fitur ini, kita dapat dengan bijak menentukan kerja baterai laptop. Control Panel > System and Security > Power Options > Change Plan Settings

Jangan Berlebihan 
Maksudnya jangan berlebihan adalah, Jangan terlalu memaksakan membuka banyak aplikasi, terutama game berat seperti Battlefield, PES, FIFA. Karena jika kita menggunakan baterai sebagai sumber daya, tentunya akan mempercepat habisnya daya didalam baterai.

Selalu Gunakan Baterai dan Charger/Adapter Original 
Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus menggunakan komponen Original. Jangan pernah berharap performa maksimal dari komponen bajakan.
Blog, Updated at: 11:00 AM

3 komentar:

  1. Hem... Kak... Batere saya error, bisa nggak diperbaiki ? Jadi... Harus d cez gitu.... Semoga bermanfaat deh.. artikelnya. Salam admin SURGA BLOGGING

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau batre laptop gk bisa diperbaiki, tapi masih bisa diakali . .
      cuma solusi terbaik ya ganti batre baru

      Delete
  2. Boleh juga dicoba.
    Makasi tipsnya gan.

    ReplyDelete

1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. Karena komentar andalah yang menjadi semangat bagi kami.

Anda bebas berkomentar, asal jangan mencantumkan link hidup pada komentar. Bagi yang mencantumkan link hidup pada komentar, dengan berat hati komentar anda akan segera kami hapus.