Resiko Mencabut Langsung Flashdisk Tanpa di-eject

Posted By Dewa Wijaya on Friday, May 17, 2013 | 9:41 AM

Resiko Mencabut Flashdisk
Flashdisk mungkin sekarang sudah menjadi perangkat wajib yang harus dimiliki oleh orang-orang yang sering bekerja di depan komputer / laptop. Bahkan beberapa orang ada yang memiliki lebih dari 1 flashdisk. Bentuknya yang kecil membuatnya mudah disimpan dan dibawa ke mana-mana. Selain itu flashdisk juga memiliki kapasitas yang bisa dibilang cukup besar. Bahkan setahu saya, flashdisk kini sudah ada yang memiliki kapasitas sebesar 32GB.

Meskipun flashdisk sudah akrab dikalangan masyarakat kini, tapi masih banyak orang yang tidak menghimbaukan cara menggunakan flashdisk yang baik dan benar. Terutama saat mencabut flashdisk. Kita disarankan untuk meng-eject flashdisk sebelum mencabut flashdisk tersebut. Hal ini untuk menjaga flashdisk serta data didalamnya agar tetap awet dan tidak rusak.

Ada beberapa resiko yang bisa menimpa flashdisk jika dicabut tanpa melalui prosesdur yang aman (Safely Remove Hardware). Yang pertama data bisa hilang jika proses copy-paste data belum selesai dan kita sudah mencabutnya. Resiko yang lebih besar adalah ketika flashdisk diformat dengan NTFS agar dapat memproses file yang berukuran lebih dari 4GB. Pada partisi NTFS, windows menempatkan sebuah Write Cache pada cakram keras. Artinya, data-data tidak langsung ditulis secara fisik tetapi diproses dulu dalam chace.

Untuk lebih amannya, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan flashdisk dengan format NTFS. Saya lebih menyarankan menggunakan flashdisk dengan format FAT32. Gunakan flashdisk dengan format NTFS jika sobat ingin memproses data yang berukuran lebih dari 4GB. meskipun kemungkinannya kecil, tapi selama kemungkinannya bukan 0%, itu tetaplah berbahaya. Di sini saya hanya ingin menghimbau saja. Jika ada kekurangan atau salah kata mohon dimaafkan.

Sekian artikel Resiko Mencabut Langsung Flashdisk Tanpa di-eject dari Artikel Dewa Wijaya. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejaknya sebelum ia meninggalkan blog ini. Semoga anda mengerti maksud saya.
Blog, Updated at: 9:41 AM

11 komentar:

Post a Comment

1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. Karena komentar andalah yang menjadi semangat bagi kami.

Anda bebas berkomentar, asal jangan mencantumkan link hidup pada komentar. Bagi yang mencantumkan link hidup pada komentar, dengan berat hati komentar anda akan segera kami hapus.