Cara Ampuh Melawan Virus

Posted By Dewa Wijaya on Friday, March 29, 2013 | 2:33 PM

Di zaman sekarang ini, virus sudah menjadi masalah yang sering kita temui. Bagi sebagian orang mungkin tidak akan menganggap berat kasus ini (mungkin karena mereka sudah biasa menangani virus), tapi ada juga yang langsung kalang - kabut begitu mengetahui kompute / laptop yang digunakan terserang virus. Nah, jika anda tergolong orang yang demikian, ada baiknya anda membaca dengan seksama artikel yang saya tulis di bawah ini.

Beberapa Cara Ampuh Melawan Virus :
1 Scan Komputer dengan AntiVirus yang Ada
Ini saran klasik yang memuakkan! Namun, memang harus dikatakan karena ini memang seperti suatu  ISDUR standar. Scan komputer dengan program AntiVirus yang biasa kita gunakan. Walau ini mungkin tindakan yang sia-sia .. tapi patut untuk dicoba. Jika beruntung, siapa tahu AntiVirus kita dapat mengatasi masalah yang kita hadapi. (namun biasanya tidak!) Mengapa? Karena pada beberapa AntiVirus yang bagus (pro) biasanya akan diperlengkapi dengan program on access scannner. Program tersebut berguna untuk mendeteksi saat suatu file dijalankan. Apakah mengandung virus ataukah tidak. Jika filter on access ini gagal, dapat dipastikan bahwa proses scanning program utamanya pun akan gagal juga. Jadi, sia-sia bukan? Ya ... kebetulan, anggap saja kita telah melakukan scan dan ternyata AntiVirus tetap tidak menemukan virus. Apa yang harus dilakukan?

2 Lakukan Update Anti Virus
Lakukan update AntiVirus yang kita pakai. Baik secara offline dengan menginstal update via file dari CD atau flashdisk ataupun secara online via internet. Meskipun tindakan ini sudah terlambat karena virus telanjur menyerang, namun tidak ada salahnya dicoba. Terkadang teknik seperti ini masih dapat membuahkan hasil. Seharusnya memang update kita lakukan sebelum virus menyerang, tapi apa boleh buat nasi sudah menjadi bubur. Komputer sudah telanjur terinfeksi. Ya ... terpaksa tetap kita kerjakan. Jika sampai fase ini ternyata kita beruntung, virus terdeteksi dan berhasil dilumpuhkan, kita boleh bersyukur. Namun, kebanyakan akan gagal. (Dari tadi rasanya kok bahasanya pesimis terus ya? Tidak! Ini tidak pesimis, tapi mengungkapkan
kenyataan yang umum terjadi.) Mengapa? Karena virus biasanya akan melakukan proteksi dirinya sendiri dengan menggagalkan proses update atau menutup program AntiVirus yang kita pakai. Bahkan jika perlu, jika pembuat virus kebanyakan main game “GOD OF WAR” .. , tentu tanpa basa-basi virus akan menghapus program AntiVirus tersebut.

3 Ganti dengan Program AntiVirus Lainnya
Ya! Jika AntiVirus standar kita gagal berfungsi atau mendeteksi virus, mungkin ide yang baik, jika kita menginstal program AntiVirus lain yang kita miliki. Meskipun terdengar lucu untuk dilakukan, tapi terkadang dapat menyelesaikan masalah. Pastikan kita telah mempunyai “stock” program AntiVirus buatan luar negeri yang cukup banyak dikenal. Tindakan ini bukannya untuk meleceh program AntiVirus lokal, tapi ini tindakan preventif untuk memastikan keamanan saja. Mungkin jika semula, misalnya, kita memakai McAffe, dapat kita ganti dengan AVG, atau Avira, atau ClamWin, atau program AntiVirus lainnya. Keluarkan semua AntiVirus luar negeri yang ada dan kita miliki, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Terserah!

4 Memakai Removal Tools
Jika tindakan scanning dengan AntiVirus standar manca negara, tidak dapat menyelesaikan masalah, saatnya melirik tool khusus removal virus. Pada beberapa kasus, tool removal ini dapat mendeteksi dan mematikan virus yang ada di memory. Lalu melakukan proses perbaikan file yang bermasalah atau mungkin menghapus file yang tidak dapat ditangani. Cari dan download sembarang removal tools yang ada dari internet. Lalu jalankan saja satu demi satu. Ini terpaksa kita lakukan karena kita tidak tahu pasti virus apa yang sedang menyerang. Jika beruntung, ada kemungkinan virus akan terdeteksi dan dimatikan.

5 Memakai Scan Online
Jika masih saja virus tidak dapat dideteksi secara scan normal dan removal tools, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah memakai jasa scanning online. Cara ini adalah memanfaatkan scanning dari web via internet langsung ke komputer kita. Banyak jasa scan online ini bertebaran di internet. Tujuan kita melakukan hal ini adalah untuk mencari tahu, virus apa yang sebenarnya sedang menyerang komputer kita. Jika beruntung, kita akan segera tahu virus apa yang sedang menyerang. Dengan mengetahui jenis yang menyerang, tindakan yang dapat dilakukan untuk mencari obatnya tentu saja akan jauh lebih mudah. Jika sudah diketahui jenisnya, kita dapat mencari penawarnya via searching google di internet.

6 Mencari AntiVirus Lokal
Jika dengan scan online masih saja tidak membuahkan hasil, saatnya mencari AntiVirus lokal. Virus yang menyerang mungkin buatan lokal dan mungkin varian baru sehingga AntiVirus luar belum dapat mendeteksinya. Banyak sekali AntiVirus lokal yang dapat dimanfaatkan. Kumpulkan sebanyak yang kita mau dan coba install dan jalankan. Siapa tahu virus malahan akan terdeteksi dengan mudah. ... Aku cinta buatan dalam negeri lho ...

7 Instal Ulang
Jika dengan semua yang sudah kita lakukan masih saja virus tidak mau hilang, mungkin pilihan terburuk harus kita lakukan. Kita harus melakukan instal ulang sistem operasi Windows. Ini adalah pilihan terakhir dan terburuk yang bisa kita lakukan. Itulah lebih kurang yang akan kita bahas selanjutnya. Sederhana bukan?

Sekian artikel Cara Ampuh Melawan Virus dari Artikel Dewa Wijaya. Semoga bisa membantu. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejaknya sebelum ia meninggalkan blog ini. Semoga anda mengerti maksud saya.

Blog, Updated at: 2:33 PM

19 komentar:

  1. Keren GAn Mantap !! hebat Gue coba dirumah ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx gan . .
      silahkan dipraktekan . .

      mohon tambahannya jika anda memiliki caya yang lebih ampuh dalam melawan virus komputer . .

      Delete
  2. cara terakhirnya klo ga ampuh gimana gan?
    saya punya temen sebut saja "tomi" dia pernah cerita akhir2 ini bapaknya jadi pantang menyerah saat membuka google chrome , dan bapaknya setiap membuka google chrome selalu saja laptopnya mati . udah sampe 4x di coba . itu virus apa ya ? yg bisa membuat shutdown tiba2 ?

    trus gimana cara melawan virus a.bat ?
    sekian kunjungi blog ane gan http://smartbrain-company.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya cerita itu tidak asing bagi saya . .

      sebenarnya itu bukanlah virus, itu hanyalah program yang dibuat untuk iseng semata. Di sini juga anda artikel terkait tentang Cara Membuat Shortcut Shutdown & Membuat Virus Sederhana Dengan Notepad .

      mungkin anda tertarik untuk membacanya . .

      Delete
  3. ane sudah baca gan , ane tunggu postingan agan yg lebih menarik
    salam henshin
    http://smartbrain-company.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Coba donk tinggal membuat artikel tentang cara membuat software antivirus sendiri.
    pasti bakal menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ilmu saya belum sampai sana sob . .
      kalau membuat virus baru saya bisa . .

      Delete
    2. Waah parah malah membuat virus.. tidak baik itu.
      wkakakak...

      Delete
    3. kan dimana - mana belajar yang jelek itu selalu terasa lebih mudah . .

      Delete
  5. mantapp gan,, mattur suwun tipsnya.. mampir ke blog ane ya gan, follow juga boleh ntar ane follback,,

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Haaa....ketawa sendiri kemana aja saya slama ini, soalnya selama ini gak tau ada scan virus online (nomor 5, kecuali diemail yahoo) ketinggalan berita wkwkwkkkk. Abisnya saya sudah lama gak pernah pake antivirus atau sebagainya. Mau tau ????, walaupun terinfeksi biasanya ngapus manual aja pake taskmanager, regedit, dan lain sebagainya bawaan windows .
    sangat berguna infonya entar saya coba tuh (nomor 5) tapi harus instal dulu virusnya.
    makasih gan heeeee,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya sih agak kurang percaya dengan cara scan online, karena biasanya pada saar scan itu gratis, & saat ingin remove virus'a pasti ujung ujungnya disuruh bayar

      Delete

1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. Karena komentar andalah yang menjadi semangat bagi kami.

Anda bebas berkomentar, asal jangan mencantumkan link hidup pada komentar. Bagi yang mencantumkan link hidup pada komentar, dengan berat hati komentar anda akan segera kami hapus.