Dampak Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Posted By Dewa Wijaya on Sunday, February 17, 2013 | 6:18 PM

Di Zaman modern ini, laptop sudah merupakan perangkat penting untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai laptop habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mengcharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptop sambil mengoperasikan laptop. Tetapi di sampig itu banyak sekali opini dari orang - orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat, justru kalau bermain laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru dapat merusak perangkat laptop.



sebenarnya keduanya tidaklah salah, tetapi perlu diketahui kalau bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan langsung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop langsung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan langsung menuju hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yang berlebihan dan mempercepat kerusakannya. Selain sebagai penyimpan daya, baterai juga berfungsi sebagai penyesuai arus listrik yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.

Selain itu, jika pemadaman listrik atau listrik PLN tidak stabil, tentu sangan membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan daripada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan baterai. Lagi pula kinerja baterai laptop biasanya akan menurun kualitasnya pada usia 2-3 tahun.


Berikut lebih jelasnya bahaya - bahaya menggunakan laptop tanpa baterai :

1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen - komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.

2. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/USP sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus lisrik akan langsung menuju ko komponen di dalam laptop tanpa penyesuaian tegangan (voltage convertet) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

3. Kalau misalkan listrik tiba - tiba mati dan laptop juga ikut mati mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah Hardisk, RAM, Processor kemungkinan bisa rusak.

4. Bahkan sebelum mati listrik pun, laptop sudah terancam duluan karena jika listrik tempat adapter tidak sehat, maka listrik tersebut akan merusak hardware laptop secara langsung. Jelas lebih baik memasang baterai, karena kemungkinan paling buruk adalah baterainya saja yang drop. Ini lebih baik daripada hardware lainnya juga ikut mati.

Sekian artikel Dampak Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai dari Artikel Dewa Wijaya. Semoga bisa membantu. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejaknya sebelum ia meninggalkan blog ini. Semoga anda mengerti maksud saya.
Blog, Updated at: 6:18 PM

51 komentar:

  1. wah thanks infonya sobb :)

    mampir :D

    ReplyDelete
  2. wahhhh..thanks ya infonya
    ini pas dengan kebiasaan ku kalau lagi di rumah,selalu gunakan laptop tanpa batrey nya
    thanks banyak yach infonya :)

    ReplyDelete
  3. ia sama - sama sob.
    dulu saya juga sering main laptop gk pakek batre, hal hasil, laptop saya sekarang jadi sering overheat.

    makanya saya posting supaya hal yang sama tidak terjadi anda .

    ReplyDelete
  4. Gw lagi mikir2 buat make laptop tanpa btrei,,, ehhh stelah baca nih potingan,, gw jadi sadar pntingnya mnggnkan baterai :)

    thanks bro,,,, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. klo gitu jng sering2 ngidupin laptop, nanti baterainya cepet rusak

    ReplyDelete
  6. hahaha :D
    bener juga tuh . .

    tapi rugi juga beli laptop mahal - mahal kalau cuma di pakai seminggu sekali . .
    hehe :D

    ReplyDelete
  7. waduh kalo gitu gw jangan terlalu sring hidupkan laptop tampa baterai nih ntar cepet rusak. -_-

    ReplyDelete
  8. wawww artikel yg menarik gan , mngkin kadang"bnyag orang yg mengabaikannya ,.,saya akan bljar dr hal itu :)

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. sungguh bermanfaat .
    terima kasih :D

    visit Julian-creations.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, sama - sama . .
      siap meluncur ke TKP . .

      Delete
  11. Replies
    1. awalnya saya kira juga begitu . .
      tapi akhirnya laptop saya yang jadi korbannya . .

      Delete
  12. makasih banyak gan atas informasinya, bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Maaf agan pemilik blog ini, apakah anda prnh kejadian spt ini? Jika dipikir" kyknya tidak mungkin... AC Adapter kan mempunyai batasan energi & jg jika memang AC Adapter tidak mempunyai batasan energi, seharusnya sekali notebook/netbook pertama kali dinyalakan konslet dong (hangus semua hardwarenya) krn "voltase & dll"nya tidak sesuai/berlebihan utk hardware... Jika memang spt ini, iMac & Mac mini jg tidak akan laku (krn dia jg menggunakan hardware tipe mobile & tidak menggunakan baterai)
    Saya hanya mencoba memperbaiki pemikiran "Dampak negativ menggunakan laptop tanpa baterai" & mohon maaf jika salah (krn manusia tdk sempurna)
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx atas kritiknya sob . .

      saya sebenarnya sudah pernah mengalami hal demikian, dulu saya sering menggunakan laptop tanpa baterai dan terjadi kerusakan hardware pada laptop saya . .
      yang saya tau, listrik dari PLN akan disimpan dulu pada baterai laptop sebelum dialirkan ke sistem. Nah, jika baterai laptop tersebut dicabut berarti listrik dari PLN akan langsung dialirkan ke sistem. Jika listrik pada rumah anda tidak stabil, akan berpotensi terjadi kerusakan hardware . .

      ingat, jangan samakan laptop dengan komputer. Komponen laptop lebih rentan dari komponen komputer. Selain sebagai penyimpan daya, baterai laptop juga berfungsi sebagai penyeimbang daya . .

      supaya tidak terlalu panjang, mungkin kita bisa bahas hal ini di tempat lain jika sobat berkenan . .

      Delete
  14. Menurut ane siy, sah-sah aja pake laptop tanpa batt. karena batt digunakan pada laptop itu ya memang karena laptop itu barang mobile. klo mengenai rusak karena arus bisa aja, tapi kecil kemungkinan nya. karena adapter itu menghasilkan hanya arus dc. kecuali ada komponen di adapter nya yg bermasalah. di warnet, ane pake laptop untuk server billing sudah 4 tahun hidup tanpa batt alhamdulilah oke oke saja. karena dulu beli second ndak ada batt nya hehehe. kesimpulan nya bersikaplah secara bijak. bagi yang punya laptop yg ada batt ya dipergunakan saja , buat apa ada batt tapi tidak dipakai ya kan ?sekian dan terima kasiy

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx atas masukannya sob (y)
      kalau saya boleh tau, merek laptop sobat apa ya? kok bisa masih kuat padahal sudah 4 tahun . .

      BTT, mungkin beberapa laptop memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Meskipun memiliki kemungkinan yang kecil, tetapi saya lebih menghimbau untuk tidak menggunakan laptop tanpa batre. Tapi, jangan di carge terlalu nonstop juga, ini dapat membuat batre cepat kembung. karena semua yang berlebihan pastilah tidak bagus.

      Delete
  15. begitu ya???
    Eeemmmmm jadi mengurungkan niat untuk beli laptop,mendi pake pc aja ya hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk dipakai nonstop memang lebih baik menggunakan PC . .

      Tapi kalau untuk dibawa jalan-jalan & suka nyari Wifi di cafe lebih baik menggunakan laptop . .

      Delete
  16. aku jadi bimbang gan setelah membaca komentar2 nya...
    disatu sisi aku takut hardware rusak, disisi lain aku takut batere cepat soak...
    aku pake laptop acer uda 2 tahun gan, dan mgkin selama setengah tahun awal aku make nya kaku, ya sesuai aturan...
    maklum, dulu msh sma, gaptek dikit..
    setelah setengah tahun awal aku pake hati2, ku liat laptop kwan ku sesudah di charge sampe batere nya penuh, hanya mampu bertahan 10 sampe 15 menit, sehingga beliau kemana2 klw perlu laptop, y hrs bw chargernya, dan harus ada tmpt colokan nya...
    setelah itu klw d rmh ku pakai laptop tanpa batere, dr setengah tahun awal sampe sekarang gan, berarti sdh 1,5 tahun..
    maklum gan, harga batere ku dengar 800rban gitu, dalam jg gan, blm lg dpat yg ori atw gak.....
    mhn bimbingan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya harga batre laptop itu juga tergantung merek laptopnya . .
      kalo ingin mencari batre yang ori, saya sarankan untuk langsung membeli di toko distributornya langsung. Atau membeli di toko yang sudah anda percayai kualitasnya .

      Delete
  17. Wah baru tau saya kalau bahaya juga laptop tanpa baterai

    Thanks sob sudah share
    sangat bermanfaat nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob . .
      jgn sampai hal yang terjadi pada laptop saya terjadi pada sobat juga .

      Delete
  18. Saya skrg beli laptop kedua merk as*s setelah laptop pertama merx ax** beli 2009 rusak kabel pleksibel ke lcd bisa di perbaiki sih, dan batrei rusak sehingga ga bisa hidup tanpa cas.. nah sekarang saya mau coba pakai laptop tanpa cas trus cari artikel baik buruknya. Eh dapat artikel ini tapi melihat coment ada yg pro n contra. Trus solusi agar batrei tahan lebih lama cara pengguaan gmn ... tks sebaelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sih sebaiknya sobat menggunakan laptop sesuai prosedurnya saja. .
      cas laptop ketika batre sudah mulai lemah, dan cabut colokan jika batre sudah penuh .

      ini mungkin hal yang sepele & sering diabaikan orang. Tapi dampaknya baru terlihat jika usia laptop sudah lebih dari 1 tahun.

      Delete
  19. Produsen laptop dan charger : kami sudah memikirkan hal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. denger-denger charge laptop sekarang sudah dilengkapi dengan auto stop, jadi ketika batre laptop sudah terisi penuh, charge akan benhenti mengisi daya pada batre . .

      Delete
  20. sebenarnya emg ambigu sih kalo main laptop copot batre bikin rusak laptop..kalo bikin rusak laptop buat apa produsen laptop memberikan layanan bisa main laptop tanpa batre?sama aja menjerumuskan konsumen dong?
    kalo alternatif lain:
    1. pake stabilizer tp copot batre gimana?
    2. kalo siapin batre 2, yg buat batre yg bener real main pake batre, yg satu lg buat main sambil pake batre dan colok listrik.mungkin ini bisa mengantisipasi rusaknya hardware dan batre

    mohon pencerahan dan masukannya juga gan. thanks. Gbu

    ReplyDelete
  21. LAptop saya rusak gan gara2 pkek laptop tnpa batrei.. sesaat sebelum saya pakai saya liat youtube, gk tau knpa seketiks laptop lngsung mati. Adaptor msih kondisi menancap di listrik dan laptop tpi saya liat lampu indikator di adaptor mati. Saya fikir adaptornya rusak jdi saya cabut, eh gk lama lampu indikator di Adaptor nyala jdi saya coba lgi saya tancepin di laptop. Pas saya tancepin ke laptop seketika lampu indikator di adaptor/charger mati dan laptop saya nyalakan gk bsa, nyalakan pkek batrei jg gk bsa. Kira2 knpa ya gan? Tolong jawabannya sharing ke nomer saya karna masih bnyak lgi yg ingin saya tanyakan. Ini nomer saya 085732877438. Trima kasih, nnti akan saya tlfon krna saya ingin jelas sbElum saya pergi ke servis center..

    ReplyDelete
  22. LAptop saya rusak gan gara2 pkek laptop tnpa batrei.. sesaat sebelum saya pakai saya liat youtube, gk tau knpa seketiks laptop lngsung mati. Adaptor msih kondisi menancap di listrik dan laptop tpi saya liat lampu indikator di adaptor mati. Saya fikir adaptornya rusak jdi saya cabut, eh gk lama lampu indikator di Adaptor nyala jdi saya coba lgi saya tancepin di laptop. Pas saya tancepin ke laptop seketika lampu indikator di adaptor/charger mati dan laptop saya nyalakan gk bsa, nyalakan pkek batrei jg gk bsa. Kira2 knpa ya gan? Tolong jawabannya sharing ke nomer saya karna masih bnyak lgi yg ingin saya tanyakan. Ini nomer saya 085732877438. Trima kasih, nnti akan saya tlfon krna saya ingin jelas sbElum saya pergi ke servis center..

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah saya pake netbok A*note c1051 udah 4 taun btre awet msih kuat 2jam hanya cuman ngeces btre wktu mau habis trus cabut adapter wktu batre udah penuh

    ReplyDelete
  24. Sya gk prcaya d blog ini .kata banyak org d warnet-warnet bilang memang gk papah tu main laptop tanpa baterai

    ReplyDelete
  25. waw makasih banget atas informasinya....

    ReplyDelete
  26. makasii bro artikel mu sangat mbantu saya yg masii awam ini hehe..

    ReplyDelete
  27. Thanks Artikel Nya.Bermanfaat๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  28. Thanks Artikel Nya.Bermanfaat๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  29. Bener bro, pengalaman saya pernah pake laptop tanpa pasang baterai, dan tiba tiba listrik mati, dan setelah listrik hidup laptop gabisa booting eh ternyata ada masalah sama hardisknya, semoga saja bisa dijadikan pelajaran buat kedepannya

    ReplyDelete
  30. Sebenarnya ga apa2 laptop cma charger tapi ga pake batery. Asal jangan di tempat yang sering mati lampu aja, klo keseringan mati lampu mendadak itu baru rusak laptopnya :D

    ReplyDelete
  31. wah bner bgt tu gan...gara2 adek gua maen laptop ane gak pkai batere alias lgsg colok pkai adaptor laptop gua jdi nggk bsa idup lgi tuh. kesel bner gua sama adek gua tuh. pdahal bru 1x pkai tuh. tnx bgt infonya gan. msuk diakal tuh

    ReplyDelete
  32. wah bner bgt tu gan...gara2 adek gua maen laptop ane gak pkai batere alias lgsg colok pkai adaptor laptop gua jdi nggk bsa idup lgi tuh. kesel bner gua sama adek gua tuh. pdahal bru 1x pkai tuh. tnx bgt infonya gan. msuk diakal tuh

    ReplyDelete
  33. Gmna gan apabila pake stabilizer apakah bakal merusak ke sistem yang ada di dalam laptop tersebut?

    Terimakasih...

    ReplyDelete
  34. Gan apa bisa dampaknya bisa rusak motherboot sama vga nya klo laptop di copot baterry dinyalainnya pake chargeran doank.mohon jawabannya

    ReplyDelete

1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. Karena komentar andalah yang menjadi semangat bagi kami.

Anda bebas berkomentar, asal jangan mencantumkan link hidup pada komentar. Bagi yang mencantumkan link hidup pada komentar, dengan berat hati komentar anda akan segera kami hapus.