TIPS MEMILIH RAM LAPTOP / KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR

Posted By Dewa Wijaya on Wednesday, December 25, 2013 | 8:08 PM

TIPS MEMILIH RAM LAPTOP / KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR
TIPS MEMILIH RAM LAPTOP / KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR - RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

RAM berbentuk 1 keping PCB dengan banyak IC dikedua sisi. Tersedia dalam kapasitas 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB sampai 4GB satu kepingnya. Saat ini RAM yang beredar di pasaran umumnya telah berkapasitas 2GB keatas. RAM untuk laptop dinamakan SODIMM, untuk PC desktop dinamakan DIMM.

Sebenarnya tidak ada tips ataupun cara yang baku untuk memilih memori (RAM) komputer. Hanya saja berdasarkan pengalaman saya mengotak-atik komputer selama ini, saya dapat menyimpulkan bahwa tips memilih memori (RAM) komputer yang baik itu adalah sebagai berikut

1. Pilih memory dengan jumlah ganda apabila motherboard Anda mendukung dual channel. Sebagai contoh, “pilihlah sepasang memori dengan kapasitas masing-masing 2GB daripada membeli sekeping memori dengan kapasitas 4GB”. Dukungan Dual Channel memungkinkan performa sistem komputer Anda akan tampil jauh lebih baik. Jadi, memnggunakan dua keping memori lebih baik daripada menggunakan satu keping memori meskipun kapasitasnya lebih besar.

2. Carilah vendor yang telah memiliki reputasi baik dalam penjualan dan layanan purna-jual. Anda dapat menggunakan jumlah service center yang dimiliki serta lama garansi sebagai tolok ukur ini. Pilihlah memori yang sudah dikenal luas di kalangan pengguna komputer

3. Hindari memilikih memori dengan chip aneh alias Anda tidak tahu siapa pembuatnya. Nama-nama seperti Samsung, Infineon, visipro atau Corsair dan lain-lain dapat Anda jadikan referensi. Ini penting karena beberapa MoBo menyarankan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian

4. Hindari membeli memori tray alias tidak dalam kemasan. Di pasar saat ini banyak sekali dijual memori tanpa kemasan. Meski dilabel dengan berbagai merek ternama, jangan mudah tergoda untuk membeli memori jenis ini. Resiko tingkat kerusakan akibat listrik statik yang sangat tinggi ditambah lagi resiko data korup akibat chip yang rusak akan menghantui kestabilan PC Anda.

5. Jika Anda sering menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk memilih memori yang dilengkapi dengan heat spreader. Harga memori jenis ini pada umumnya lebih mahal ketimbang memori standar. Meskipun demikian, performa dan kestabilan yang ditawarkan memori jenis ini sangat bagus.

6. Jangan terjebak dengan janji life time warranty. Di Indonesia, definisi garansi jenis ini masih dipertanyakan. Definisi life time warranty menurut Hukum Dagang Internasional adalah sebatas teknologi produk yang bersangkutan masih ada dan proses produksinya masih dijalankan. Pilih memori dengan angka latency terendah.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul: 

- RAM dengan spesifikasi sama tapi beda merk? 
Lebih baik kalau sama merk, namun jika tidak memungkinkan gunakan RAM dengan kecepatan yang sama, beda merk tidak masalah. Cuma terkadang tidak bisa mendukung dual channel.

- RAM lama saya PC 5300, RAM baru PC 10600. Kecepatan manakah yang akan dioperasikan?
Kecepatan pada kedua RAM akan disamakan, yaitu PC 5300. RAM yang lebih cepat akan menyesuaikan kecepatannya dengan RAM yang lebih lambat.

Itulah TIPS MEMILIH RAM LAPTOP / KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR dari Artikel Dewa Wijaya. Semoga setelah membaca artikel ini, diharapkan anda dapat memilih RAM dengan lebih bijak. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejaknya sebelum ia meninggalkan blog ini. Semoga anda mengerti maksud saya.
Blog, Updated at: 8:08 PM

24 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. wah, nambah wawasan ane gan.
    thank's a lot. =D

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Gema Parfum
    Tips memilih parfum yang baik

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Makasih gan informasinya ini sangat membantu saya untuk memilih ram yang baik buat komputer saya. jangan lupa berkunjung kembali ya gan di blog saya. salam kenal/....

    ReplyDelete
  6. http://installaptopsurabaya.blogspot.com/
    Nice info Saya harus lebih teliti membeli RAM

    ReplyDelete
  7. Bagus artikelnya.
    Mau baca lebih lengkap tentang spesifikasi RAM, fungsi, jenis dan kemungkinan bottlenek?
    lihat disini SPEK RAM PC GAMING
    (Sory nitip backlink ya, hehehe)

    ReplyDelete
  8. mau tanya gan !!
    saya punya standar RAM 1 GB DDR3 Type PC8500, mau saya ganti menjadi 4 GB (dalam 1 slot), apakah bisa ditingkatkan dengan Type yang lebih tinggi dari PC8500.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Kembali Blog Saya https://rentalsewalaptopsurabaya.wordpress.com/

    ReplyDelete
  11. Nice Info jangan Lupa Kunjungi Blog Saya !!
    http://persewaanlaptop.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. hi, i just to visit this blog, nice topic.
    visit hack clash of clans

    ReplyDelete
  13. selama ini saya pakai ram asal saja. pindahin ram yang satu ke komputer yang lain tanpa tau itu akan optimal apa tidak. btw thx info nya, gan :)


    Parfum Wanita yang disukai Pria

    ReplyDelete
  14. sangat membantu sekali, terimakasih :)
    http://goo.gl/2WYzzb

    ReplyDelete
  15. Gan ane pake laptop hp p1000 ram2gb. Ane mauganti ram 8gb soalnya lemot banget kalo buat ngedit film.bisa apa gak?ane harus pilih yang gmana?mohon di jawab

    ReplyDelete
  16. Nice info jgn lupa kunjungi http://sewalaptopsby.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. Terima Kasih atas Tipsnya, Semoga berguna untuk banyak orang, Terima Kasih banyak atas tipsnya.
    http://servislaptopdisurabaya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. Karena komentar andalah yang menjadi semangat bagi kami.

Anda bebas berkomentar, asal jangan mencantumkan link hidup pada komentar. Bagi yang mencantumkan link hidup pada komentar, dengan berat hati komentar anda akan segera kami hapus.