Cara Merawat Baterai Handphone

Posted By Dewa Wijaya on Sunday, September 15, 2013 | 10:36 AM

Baterai HandphoneCara Merawat Baterai Handphone - Di zaman yang modern ini, Handphone mungkin sudah bukan lagi menjadi barang mewah. Bahkan bisa dibilang kalau hampir semua orang sudah memiliki handphone. Bahkan ada orang yang sampai memiliki lebih dari 1 handphone. Kini, handphone bukan hanya digunakan oleh orang dewasa & remaja saja, banyak anak SD & SMP yang sudah mahir menggunakan handphone. Secanggih apapun handphone yang kita miliki, pastilah tidak akan berfungsi maksimal jika tidak disertai dengan batrerainya. Baterai handphone memang merupakan komponen yang paling vital & utama bagi handphone kalian. Maka dari itu, baterai handphone memerlukan cara pemakaian & perawatan yan baik dan benar agar usia baterai handphone bisa tahan lebih lama. Berikut cara merawat baterai handphone agar tetap bertahan awet.

Pengecasan Pertama
Saat pertama kali membei handphone baru, saat itulah usia baterai handphone mulai ditentukan. Agar umur baterai handphone tetap bertahan lama, ada baiknya untuk memperhatikan proses pengisian pertama. Karena, ketika pengisian pertama dilakukan, saat itu juga kalian mulai mengaktifkan sel-sel dalam baterai handphone supaya berfungsi maksimal dan bisa bertahan lebih lama.

Lama Pengecasan
Lama pengecasan juga berpengaruh terhadap keawetan batrerai handphone itu sendiri. Rata-rata pengisian baterai handphone yang ideal adalah sekitar 2jam. Namun tak jarang orang yang meninggalkan handphonenya yang sedang dicharge karena malas menunggu lama. Biasanya orang-orang mengcharge handphone mereka ketika sedang tidur dan mencabutnya setelah mereka bangun. Jika baterai handphone diisi terlalu lama, bisa menyebabkan kerusakan pada komponen baterai handphone. Hal ini dapat menyebabkan kemampuan penyimpanan daya pada baterai menjadi berkurang dan tidak berfungsi maksimal Selain itu, pengisian yang terlalu lama dapat membuat baterai handphone menjadi kembung dan cepat drop.

Charge di dalam Mobil
Bagi kalian yang sering berpergian kemana-mana dengan menggunakan mobil, mungkin charge pada mobil akan sangat berguna bagi kalian. Namun banyak ahli yang tidak menyarankan untuk melakukan pengisian batrerai handphone di mobil. Kenapa? Perlu kalian ketahui bahwa voltage pada mobil biasanya tidak stabil. Pengisian pada voltage yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan pada baterai handphone.

Menggunakan Handphone Saat Dicharge
Tidak sedikit orang yang sering menggunakan handphone ketika handphone tersebut sedang diisi baterainya. Entah karena kebiasaan atau mungkin tidak tahu dampak negatifnya. Hal ini juga dapat merusak komponen molekul yang terdapat di dalam baterai. Ini disebabkan karena ketika handphone menyala lalu digunakan, akan terjadi arus keluar & masuk di dalam batrerai. Maka dari itu, ada baiknya sobat mengisi baterai handphone dalam keadaan handphone yang tidak menyala (mati).

Baterai Kosong Segera Diisi
Bila kalian mengetaui indikasi bahwa batrerai handphone kalian sudah mulai lemah, ada baiknya untuk langsung diisi ulang. Karena jika kita membiarkan batrerai handphone sampai benar-benar habis & mati sendiri, dapat menyebabkan baterai handphone kehilangan 100% daya. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam pengisian ulang kembali. Bahkan dikhawatirkan batrerai handphone sobat tidak bisa diisi ulang lagi.

Demikian Cara Merawat Baterai Handphone, semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan sobat sekalian dan menjadi lebih bijak dalam merawat batrerai handphone. Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejaknya sebelum ia meninggalkan blog ini. Semoba anda mengerti maksud saya.
Blog, Updated at: 10:36 AM

13 komentar:

Post a Comment

1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. Karena komentar andalah yang menjadi semangat bagi kami.

Anda bebas berkomentar, asal jangan mencantumkan link hidup pada komentar. Bagi yang mencantumkan link hidup pada komentar, dengan berat hati komentar anda akan segera kami hapus.