Cara Menjaga Gadget Agar Tetap Awet

Posted By Dewa Wijaya on Tuesday, February 5, 2013 | 5:35 PM

Bukan hanya Samsung Galaxy Tab dan Apple iPad yang menjadi trend dalam dunia gadget saat ini. Banyak merk lainnya yang ikut meramaikan dalam pemasarannya, seperti huawei, ZTE, dan lain-lain. Dan memmang Samsung Galaxy Tab serta Apple iPd menjadi top gadget dimana setiap orang memimpikan unuk memilikinya.

Nah, untuk tetap mendapatkan kinerja yang maksimal dari gadget satu ini maka diperlukan perawatan, untuk itu silahkan simak tips merawat tablet/iPad agar tetap awet digunakan



1. Kebersihan Layar
Seperti diketahui LCD menjadi bagian vital pada  gadget ini, 90% merupakan layar sentuh (touchscreen). Layar harus dijaga dan dirawat dengan baik jika ingin gadget tetap normal. Salah satu kebiasan buruk yang harus dihilangkan adalah menggunakan ujung baju atau kaos untuk mengelap layar. Cara ini secara reflek biasanya dilakukan pengguna PDA phone kalau melihat gadgetnya berdemu atau berminyak. Mengelap dengan baju justru akan menyebabkan goresan karena kainnya mungkin kasar dan menekan partikel debu yang menempel pada layar
Cara yang benar adalah menggunakan alat penghembus udara khusus untuk menghilangkan kotoran lalu dengan hati-hati menggunakan tisu kusus untuk lensa atau LCD. Lebih aman lagu kalau setelah dibersihkan, LCD diberi lapisan pelindung LCD.

2. Keamanan "BODY"
Selain kebersihan layar, keamanan dan kebersihan body juga harus di jaga, Lebih baik dibelikan tas atau dompet khusus. Body juga bisa diberi sarung pelindung dari karet atau kulit supaya lebih aman dari benturan.

3. Penempatan
Sebaiknya perangkat dijauhkan dari air, kelembaban karena dapat membuat beberapa komponen menjadi mengkarat, dan panas yang tinggi serta sinar matahari langsung. Terkena sinar matahari langsung sangat membahayakan gadget anda karena sinar UV dari matahari dapat merusal LCD pada gadget anda.

4. Perawatan "BATTERY"
Pengisian battery jangan sampai terlambat atau kelebihan. Jangan sampai menunggu battery mati totak baru di charge. Saat charge perhatikan indikatornya, jika sudah full segera cabut. Bila dibiarkan dalam kondisi full terlalu lama over charge, battery pun menjadi bocor dan tidak awet.

5. Miliki Situs Resmi
Kasus lain yang sering ditemui adalah kerusakan software karena crash program. Penyebabnya adalah pngunduhan yang kurang sempurna. Pengguna iPad sebaiknya memiliki akun pribadi di situs resmi Apple. Berbagai program bisa di-download dari situs resmi ini. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas koneksi internetnya saat download. Karena biasanya pemilik iPad melakukannya dengan PC. Jika koneksi kurang bagus, aplikasi tidak terunduh sempurna. Giliran di-instal ke iPad kemungkinan besar akan terjadi crach. Jika sudah seperti ini, jalan keluarnya adalah membersihkan program penyebab crash atau forma ulang iPad, tergantung tigkat kerusakan yang di sebabkannya.

Sekian artikel Cara Menjaga Gatget Agar Tetap Awet dari Artikel Dewa Wijaya. Semoga bisa membantu.
Blog, Updated at: 5:35 PM

2 komentar:

  1. mantap gan, saya baru beli iphone baru, semoga aja awet & tahan lama jika mempraktekan tips dari artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wis, ada yang punya iphone baru . .
      bikin iri aja . .

      hehehe :D

      Delete

1 Komentar anda sangat berarti bagi kami. Karena komentar andalah yang menjadi semangat bagi kami.

Anda bebas berkomentar, asal jangan mencantumkan link hidup pada komentar. Bagi yang mencantumkan link hidup pada komentar, dengan berat hati komentar anda akan segera kami hapus.